Minggu, 20 Maret 2011

Bab 2 Manusia dan Cinta Kasih

Dalam kehidupan banyak sekali yang harus kita kasihi dan banyak cara kita menumpahkan rasa belas kasihan. Yang perlu kita kasihi antara lain : yatim-piatu, orang-orang jompo yang tidak mempunyai ahli waris, pengemis yang benar-benar tidak mampu bekerja, orang sakit di rumah sakit, orang cacat, masyarakat kita yang hidup menderita dan sebagainya. Orang-orang itu umumnya menderita lahir batin dan umumnya kurang tangan yang menjulur memberikan belas kasihan.

Berbagai macam cara orang memberikan belas kasihan bergantung kepada situasi dan kondisi. Ada yang memberikan uang, ada yang memberikan barang, ada yang memberikan pakaian, makanan dan sebagainya.

Kasih sayang kepada Sesama

Sesungguhnya kita sebagai umat manusia harus saling mengenal dan saling mengasihi.Wujud dari rasa cinta kasih kita dapat kita lakukan antara lain : kita harus saling toleransi dengan sesama, kita harus membantu orang lain yang sedang kesulitan, kita harus hidup saling kasih mengasihi, saling gotong royong dalam kebaikan dan masih banyak lagi.

Kasih sayang kepada ciptaan ALLAH

Kita didunia tidak hidup sendiri. kita didunia hidup berdampingan dengan alam dan juga hewan yang merupakan ciptaan ALLAH lainnya. Sekarang banyak sekali manusia yang dzalim terhadap alam dan binatang ,contohnya : Para pengusaha kayu menebang pohon-pohon dihutan dengan sembarang secara ilegal dan mereka tidak menanam kembali bibit-bibit pohon. dan alhasil setiap ada hujan yang sangat lebat maka sering terjadi banjir,longsor,dan juga banyak hutan-hutan yang gundul. manusia tidak hanya dzalim terhadap alam tetapi juga terhadap hewan, contohnya : Para pemburu liar mereka menangkap dan menembak hewan-hewan yang hidup di alam lepas dan kemudian daging atau kulit dari hewan-hewan tersebut dijadikan usaha untuk merauk keutungan semata tanpa melihat sampak negatifnya. hewan-hewanpun punah satu-persatu. lihat betapa kejamnnya manusia, padahal ALLAH menciptakan hewan,manusia,dan alam untuk hidup berdampngan dan saling melengkapi. nabi Muhammad pun ia sangat menjaga dan sangat mencintai ciptaan-ciptaan ALLAH, namun mengapa kita yang hanya manusia biasa tidak bisa mengasihi dan mencintai ciptaaan ALLAH ?

Memang tidak mudah bagi kita untuk menunjukan rasa kasih sayang kita terhadap ALLAH, Sesama, maupun Ciptaan ALLAH lainnya. Namun tidak ada salahnya untuk kita mengekspresikan rasa cinta kasih itu lewat sikap kita.

Bagi kita umat muslim wajib hukumnya untuk mencintai ALLAH sebab ALLAH lah yang menciptakan kita bahkan menciptakan jagat raya ini. kita bisa bernafas,kita bisa berjalan, kita bisa hidup dan kita bisa merasakan cinta itu semua atas kehendak ALLAH SWT. ALLAH pun menyuruh kita agar hidup dengan rasa kasih sayang.


Pengertian Pemujaan

Pemujaan adalah salah satu manifestasi cinta manusia pada Tuhannya yang diwujudkan dalam bentuk komunikasi ritual dan kecintaan ini tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia. Pemujaan kepada Tuhan adalah inti, nilai dan makna kehidupan yang sebenarnya karena Tuhan pencipta alam semesta.

Allah adalah pencipta, tetapi Allah juga penghacur segalanya, bila manusia mengabaikan segala perintahnya. Karena itu ketakutan manusia selalu mendampingi hidupnya dan untuk menghilangkan ketakutan itu manusia memujanya. Pemujaan itu sebenarnya karena manusia ingin berkomunikasi dengan Tuhannya.


Opini:

Saya sebagai orang muslim berpendapat bahwa manusia adalah makhluk / hamba Allah atau bisa juga disebut budak Allah maka dari itu kita sebagai budak tentu harus mematuhi tentu harus mematuhi segala perintah tuannya yaitu Allah, jika tidak berarti kita adalah pembangkang. Tentu segalanya pun harus didasari dengan rasa cinta, karena jika kita melaksanakan segala perintahNYA dengan didasari rasa cinta maka kita akan menjelaninya dengan ikhlas dan ketulusan sehingga semuanya akan berjalan dengan mudah.

Sumber:
MKDU: Ilmu Budaya Dasar Universitas Gunadarma

Tidak ada komentar:

Posting Komentar