Jumat, 12 November 2010

EMAIL

1. Pengertian Email
Email adalah aktivitas online yang paling popular di kalangan para pengguna internet baik Anda yang menggunakannya hanya untuk sekadar berkomunikasi atau yang bekerja di rumah atau pun yang bekerja di kantor. Hal ini menciptakan peluang bisnis yang besar bagi perusahaan kecil maupun besar. Para pemasar dapat menggunakan email untuk tetap berada di depan dengan para kastemer maupun prospeknya.

Apa Itu Email ?
Email adalah surat elektronik yang penggunaannya sekarang didukung oleh 3 jenis protokol internet, yaitu Post Office Protocol yang disebut juga sebagai POP, Internet Mail Access Protocol disebut juga IMAP, dan yang ketiga adalah Simple Mail Transfer Protocol yg disebut SMTP. Dari antara tiga jenis protokol internet ini, menurut majalah digital dari asiacomputerweekly (http://www.asiacomputerweekly.com) email yang menggunakan protokol internet dari situs web itu sendiri yang disebut sebagai web mail akan mendominasi pangsa pasar.
Mengapa email begitu popular?
Karena email adalah sarana komunikasi yang mudah diakses dan sangat hemat serta cepat hanya dalam hitungan detik seseorang sudah dapat menerima dan mengirim email ke mana pun di dunia ini.

2. Sejarah Email
Berapa sebenarnya usia email? Tiga puluh tahun yang lalu mungkin dari antara kita tidak pernah ada yang menyangka bahwa pemakaian email sudah berkembang seperti sekarang ini. Tiga puluh tahun yang lalu email masih dalam bentuk sebuah pesan yang sederhana yang dikirim dalam jaringan kecil. Namun sekarang sebuah pesan yang sederhanan itu telah memprakarsai suatu revolusi dalam sejarah komunikasi umat manusia. Pesan tersebut kini disebut sebagai email, atau surat elektronik yang dikirim dari suatu komputer ke komputer lain dalam suatu jaringan. Pesan pertama dalam bentuk email yang sederhana ini dirancang oleh seorang ilmuwan bernama Ray Tomlinson dari BBN Technologies.

3. Perbedaan Email dengan Surat biasa
Sebagai mana telah di jelaskan sebelumnya, Email adalah sarana kirim mengirim surat melalui jalur internet. E-Mail merupakan salah satu Process pengiriman surat melalui internet dengan menggunakan waktu yang sangat singkat dan cepat (+- 1 Menit).
Syarat melakukan pengiriman E-mail (Mengirim surat dengan internet) adalah:
1. Membuat alamat email contoh: info@g-excess.com
2. Mengetahui Username & Password dari email; “Account dan kata sandi”.
3. Mengetahui E-mail yang di tuju.
Di internet sudah banyak penyedia layanan Email gratis, seperti di www.yahoo.com, www.plasa.com, www.telkom.net, www.gmail.com. Anda bisa membuat email secara gratis di sana.
Perbedaan Email dengan Surat Biasa

E-Mail:
• Hanya membutuhkan waktu yang sangat singkat (+- 1 menit)
• Alamat Email (alamat email bukanlah seperti alamat rumah)
• Cukup dengan adanya jaringan internet
• Keamanan data / surat terjamin.

Surat Biasa / Berperangko
• Dengan surat biasa umumnya pengirim perlu membayar per pengiriman (dengan membeli perangko).
• Pengalamatan Rumah / Kantor
• Membutuhkan waktu lama
• Keamanan Surat kurang terjamin

Pendapat :
Dengan adanya email ini kita akan lebih mudah mengirim pesan kepada siapapun di seluruh dunia hanya dalam beberapa detik pesan akan langsung diterkirim dan keamanan isi pesan pun terjamin.

Sumber :
• http://dianpratiwiyonita.wordpress.com/2008/07/23/artikel-pengertian-email/
• (http://bahtiar.wordpress.com/2007/03/22/cara-membuat-e-mail-di-yahoo/)


Nama            : Anggi Sopiandi
Kelas            : 1KA31
NPM            : 10110835
Dosen           : Asri Wulan
Mata Kuliah  : Ilmu Sosial Dasar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar