Minggu, 15 April 2012

DESAIN PEKERJAAN


>>Pendahuluan
I.                   Latar Belakang Masalah 

Desain pekerjaan merupakan keputusan dan tindakan manajerial yang mengkhususkan kedalam, cakupan dan hub pekerjaan yang obyektif untuk memenuhi kebutuhan organisasi serta kebutuhan social dan pribadi pemegang pekerjaan.
Strategi desain pekerjaan dikembangakan menekankan pentingnya karakteristik pekerjaan inti.
Ukuran perbedaan individu mendorong untuk mengkajicara meningkatkan persepsi poditif terhadap keragaman, identitas, arti, otonomi dan balikan akan meningkatkan prestasi kerja dan kepuasan kerja seandainya para pemegang pekerjaan memilki kebutuhan pertumbuhan yang relative tinggi.

II.                Rumusan Masalah  
  1.  Peningkatan dimensi inti pekerjaan 
  2.  Masalah desain ulang

>>Pembahasan
I.                   Peningkatan Dimensi Inti Pekerjaan
Job redesign adalah menncoba meningkatkan jumlah variasi dan pengalaman autonomi oleh seseorang pada pekerjaan mereka.
Peningkatan ini dianggap diinginkan oleh beberapa manager dan social scientist karena sebuah kecendrungan kekonsistenan pada seluruh abad dua puluh pada pekerjaan-pekerjaan untuk menjadi monoton dan terkontrol secara meningkat. Sedangkan job design adalah spesifikasi dari konten, metode dan hubungan dari pekerjaan-pekerjaan untuk memuaskan teknologi dan kebutuhan organisasi sama baiknya kebutuhan-kebutuhan personal dari pemegang pekerjaan tersebut.
Mengapa perlu adanya job redesign adalah untuk salah satunya untuk meningkatkan Quality of Work Life, dimana dengan adanya pekerjaan yang berbeda atau penambahan pekerjaan dari sebelumnya diharapkan akan meningkatkan performa bekerja menjadi lebih baik. Hal itu dikarenakan semakin banyak bidang yang dikuasai dan menambahnya ilmu di bidang lain sehingga dapat memperkaya kualitas performa pekerja. Dengan meningkatnya performa bekerja diharapkan dapat memberikan kontribusi yang lebih baik kepada perusahaan atau organisasi.
Sedangkan peningkatan dimensi inti pekerjaan itu sendiri, antara lain :
·         Mengkombinasikan unsur tugas yakni menugaskan seluruh pekerjaan(modul kerja).
·         Kebijaksanaan memilih metode kerja
·         Kendali atas kecepatan kerja sendiri


II.                Masalah Desain Ulang Pekerjaan 
Masalah-masalah yang terdapat pada desain ulang pekerjaan, antara lain :
·         Program ini memakan waktu dan mahal.
·         Ditujukan untuk memenuhi kebutuhan yang belum terpenuhi di tempat kerja.
·         Ditolak serikat pekerjaan karena lebih banyakhasil kerja dengan upah yang sama.


>>Kesimpulan
          Perlu adanya job redesign adalah untuk salah satunya untuk meningkatkan kualitas dalam kehidupan pekerjaan, dimana dengan adanya pekerjaan yang berbeda atau penambahan pekerjaan dari sebelumnya diharapkan akan meningkatkan performa bekerja menjadi lebih baik. Hal itu dikarenakan semakin banyak bidang yang dikuasai dan menambahnya ilmu di bidang lain sehingga dapat memperkaya kualitas performa pekerja. Dengan meningkatnya performa bekerja diharapkan dapat memberikan kontribusi yang lebih baik kepada perusahaan atau organisasi.

Sumber :
http://dc391.4shared.com/doc/05NerqF7/preview.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar