Jumat, 27 April 2012

EVALUASI PRESTASI


>>Pendahuluan

I.                   Latar Belakang Masalah
Evaluasi sistematik dan formal atas prestasi kerja karyawan &    potensi pengembangannya dimasa depan. E.P digunakan dalam arti luas untuk menilai & mengembangkan bawahan, dalam arti lebih khusus bertujuan motivasional, meningkatkan pengetahuan, riset, promosi, pelatihan dan pengembangan. Langkah penting untuk mengembangkan program evaluasi prestasi          adalah penentuan kriteria. Kriteria adalah ukuran bergantung/prediktif untuk menimbang keefektifan karyawan. Kriteria yg baik harus relevan, stabil, dapat membedakan karyawan yg diharkat dan praktis.

II.                Rumusan Masalah
·         Program Evaluasi Prestasi
·         Metode Memperkecil Masalah
·         Teknik Evaluasi Prestasi

>>Pembahasan

I.                   Program Evaluasi Prestasi

·         Skala Pengharkatan Grafik
Bentuk evaluasi dengan menggunakan skala yang dipakai pengharkat   untuk memeriksa kebenaran pengharkatannya

·         Esei Deskriptif
Evaluasi prestasi mengharuskan pengharkat untuk menguraiakan titik kekuatan dan kelemahan setiap pegawai yang diharkat
Semua prosedur ini sering menghasilkan kesalahan pengharkatan.
Kesalahan yang umum adalah :
1.      Kelunakan dan kekauan pengharkat.
2.      Efek halo
3.      Kecondongan memusat
4.      Peristiwa terakhir


II.                Metode Untuk Memperkecil Masalah
 
Ada setidaknya tiga metode untuk memperkecil masalah, yaitu :
·         Peniadaan istilah seperti rata-rata dalam skala
·         Mengharuskan pengharkat untuk mengharkat sejumlah kecil individu
·         Melatih pengharkat untuk mengenali kecenderungan kesalahan yang umum


III.             Teknik Evaluasi Prestasi

·         Skala pengharkatan berdasarkan perilaku (BARS)
Merupakan bentuk evaluasi yang menggunakan kejadian kritis/contoh perilaku kerja khusus untuk menentukan berbagai tingkat prestasi.

·         Manajemen berdasarkan sasaran (mbs) atau penyusunan tujuan.
Melibatkan pertemuan atasan-bawahan guna membicarakan dan secara bersama-sama menyusun sasaran bagi bawahan untuk jangka waktu tertentu.

·         Teknik pusat penilaian
Serangkaian latihan dimana para calon untuk promosi, pelatihan atau manajerial lain selama 2 / 3 hari sementara diamati dan diharkat

Wawancara balikan evaluasi prestasi merupakan bagian esensial dari setiap program balikan menyediakan informasi tentang bagaimana pandangan orang lain terhadap prestasi kerja pegawai yang diharkat. Bagian yang lain pengakaitan prestasi dan kemajuan dengan mengembangkan karier.


>> Kesimpulan
     Dalam evaluasi prestasi ada setidaknya tiga hal yang harus diperhatikan yaitu program evaluasi prestasi, metode memperkecil masalah dan teknik evaluasi prestasi. Namun Langkah penting untuk mengembangkan program evaluasi prestasi adalah penentuan kriteria. Kriteria adalah ukuran bergantung/prediktif untuk menimbang keefektifan karyawan. Kriteria yg baik harus relevan, stabil, dapat membedakan karyawan yg diharkat dan praktis.

Sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar