>>Pendahuluan
I.
Latar Belakang Masalah
Evaluasi sistematik dan formal atas prestasi kerja
karyawan & potensi pengembangannya
dimasa depan. E.P
digunakan dalam arti luas untuk menilai & mengembangkan bawahan, dalam arti
lebih khusus bertujuan motivasional, meningkatkan pengetahuan, riset, promosi,
pelatihan dan pengembangan. Langkah
penting untuk mengembangkan program evaluasi prestasi adalah penentuan kriteria. Kriteria adalah ukuran bergantung/prediktif untuk menimbang keefektifan karyawan.
Kriteria yg baik harus relevan, stabil,
dapat membedakan karyawan yg diharkat dan praktis.
II.
Rumusan Masalah
·
Program Evaluasi Prestasi
·
Metode Memperkecil Masalah
·
Teknik Evaluasi Prestasi
>>Pembahasan
I.
Program Evaluasi Prestasi
·
Skala Pengharkatan Grafik
Bentuk
evaluasi dengan menggunakan skala yang dipakai pengharkat untuk memeriksa kebenaran pengharkatannya
·
Esei Deskriptif
Evaluasi prestasi
mengharuskan pengharkat untuk menguraiakan titik kekuatan dan kelemahan setiap
pegawai yang diharkat
Semua prosedur ini sering menghasilkan kesalahan
pengharkatan.
Kesalahan yang umum adalah :
1. Kelunakan
dan kekauan pengharkat.
2. Efek
halo
3. Kecondongan
memusat
4. Peristiwa
terakhir
II.
Metode Untuk Memperkecil Masalah
Ada
setidaknya tiga metode untuk memperkecil masalah, yaitu :
·
Peniadaan istilah seperti rata-rata
dalam skala
·
Mengharuskan pengharkat untuk mengharkat
sejumlah kecil individu
·
Melatih pengharkat untuk mengenali
kecenderungan kesalahan yang umum
III.
Teknik Evaluasi Prestasi
·
Skala
pengharkatan berdasarkan perilaku (BARS)
Merupakan bentuk evaluasi yang
menggunakan kejadian kritis/contoh perilaku kerja khusus untuk menentukan
berbagai tingkat prestasi.
·
Manajemen
berdasarkan sasaran (mbs) atau penyusunan tujuan.
Melibatkan pertemuan atasan-bawahan guna
membicarakan dan secara bersama-sama menyusun sasaran bagi bawahan untuk jangka
waktu tertentu.
·
Teknik
pusat penilaian
Serangkaian latihan dimana para calon
untuk promosi, pelatihan atau manajerial lain selama 2 / 3 hari sementara
diamati dan diharkat
Wawancara balikan evaluasi prestasi
merupakan bagian esensial dari setiap program balikan menyediakan informasi
tentang bagaimana pandangan orang lain terhadap prestasi kerja pegawai yang
diharkat. Bagian yang lain pengakaitan prestasi dan kemajuan dengan
mengembangkan karier.
>>
Kesimpulan
Dalam evaluasi prestasi ada setidaknya tiga hal yang harus diperhatikan
yaitu program evaluasi prestasi, metode memperkecil masalah dan teknik evaluasi
prestasi. Namun Langkah penting untuk mengembangkan program evaluasi prestasi adalah penentuan kriteria.
Kriteria adalah ukuran
bergantung/prediktif untuk menimbang keefektifan karyawan. Kriteria yg baik harus relevan, stabil, dapat
membedakan karyawan yg diharkat dan praktis.
Sumber
:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar