Minggu, 15 April 2012

Proses Komunikasi


>>Pendahuluan

I.                   Latar Belakang Masalah

Komunikasi merupakan salah satu proses vital yang menjiwai struktur organisasi. Mutu keputusan manajerial sebagian besar bergantung pada mutu informasi yang bias diperoleh.

II.                Rumusan Masalah
·         KOMUNIKATOR
·         PESAN
·         PERANTARA
·         PENERIMA
·         BALIKAN / FEEDBACK


>>Pembahasan

I.                   Komunikator

Pengirim pesan atau sumber dalam komunikasi dapat berupa individu atau organisasi yang memiliki informasi untuk dibagikan dengan orang atau kelompok lain. Harus diperhatikan bahwa sumber dapat merupakan orang-perorangan (seperti sales atau pembawa acara perorangan) atau juga dapat merupakan pihak yang bukan merupakan perorangan seperti korporasi atau organisasi. Persepsi penerima terhadap sumber mempengaruhi kondisi penerimaan pesan dalam proses komunikasi, interpretasinya, dan respons yang diberikan untuk pesan itu.

Encoding merupakan proses di mana kita meletakkan pemikiran, ide dan informasi secara bersama-sama dalam satu bentuk simbolik untuk mengkomunikasikan satu pesan. Tujuan pengirim pesan adalah untuk mengkode pesan dalam bentuk tertentu sehingga dapat menjamin bahwa pesan tersebut dapat dimengerti oleh penerima pesan.


II.                Pesan

Proses encoding menimbulkan pengembangan pesan yang berisikan informasi atau pesan yang diharapkan dapat disampaikan oleh sumber atau pengirim pesan. Pesan-pesan dapat diberikan dalam berbagai bentuk dan bisa juga dalam bentuk simbol atau tanda. Untuk dapat mengerti dengan lebih baik mengenai arti dari simbol yang dipergunakan dalam komunikasi, banyak pengiklan mulai untuk memberi perhatian pada semiotik (semiotics), yang merupakan studi mengenai arti. Dari sisi semiotik, setiap pesan pemasaran mempunyai tiga komponen dasar, yaitu : satu obyek, satu tanda atau simbol, dan sebuah interpretasi (interpretant).


III.             Perantara

Saluran/perantara merupakan metoda atau media di mana pesan komunikasi dapat mengalir dari sumber atau pengirim ke pada penerima. Dalam cakupan yang lebih luas, saluran komunikasi mencakup dua bentuk, yaitu :

• Saluran Pribadi (Personal Channels) yang melibatkan kontak interpersonal langsung dengan individu atau kelompok yang menjadi target. Sebagai contoh, seorang sales berperan sebagai saluran pribadi pada saat menyampaikan sebuah presentasi penjualan.
• Saluran Non-pribadi (Nonpersonal channels) merupakan saluran-saluran yang membawa pesan tanpa melibatkan kontak perorangan antara pengirim dan penerima pesan. Saluran ini sering dirujuk kepada media masa sebagai pengirim pesan di mana mereka mengirim pesan kepada banyak individu dalam satu waktu secara bersamaan. Dua kategori utama dari saluran non-pribadi adalah media cetak dan media penyiaran.


IV.             Penerima

Penerima adalah orang atau sekelompok orang dengan mana pengirim pesan berbagi pemikiran atauinformasi. Penerima seringkali dipandang sebagai konsumen bagi target audiens yang ditargetkan oleh perusahaan pemasaran dan program-program promosi. Decoding merupakan proses mentransformasi (merubah) dan menginterpretasi pesan-pesan pengirim menjadi pendapat penerima dan sangat dipengaruhi oleh kerangka berpikir atau keluasan pengalaman penerima. Komunikasi yang efektif akan dapat dicapai jika suasana setara atau berbagai arti atau pengertian dapat dihadirkan atau telah dibangun sebelumnya antara pengirim dan penerima pesan.


V.                Balikan / Feedback

Umpan-balik (feedback) merupakan bagian dari tanggapan penerima pesan yang dikomunikasi kembali kepada pengirim pesan dan dapat berupa beragam bentuk. Umpan-balik memberikan pengirim pesan cara untuk memonitor bagaimana pesan saat di-decoding dan diterima oleh audiens yang menjadi target.


>>Kesimpulan

Disadari banyak masalah-masalah komunikasi yang dapat ditemukan, dan kita bisa melihat contoh-contoh yang kita hadapi langsung dari kehidupan kita sehari-hari sebagai bahan untuk didiskusikan. Agar proses komunikasi dapat terjadi maka harus ada kesamaan berpikir atau landasan antara dua pihak dan proses pengiriman informasi.


Sumber :

http://www.scribd.com/doc/86179003/organisasi
http://elearning.gunadarma.ac.id/docmodul/company_profile/2.%20Komunikasi%20-%20Umum.pdf

Tidak ada komentar:

Posting Komentar