>>Pendahuluan
I.
Latar Belakang Masalah
Komunikasi
merupakan salah satu proses vital yang menjiwai struktur organisasi. Mutu keputusan
manajerial sebagian besar bergantung pada mutu informasi yang bias diperoleh.
II.
Rumusan Masalah
·
KOMUNIKATOR
·
PESAN
·
PERANTARA
·
PENERIMA
·
BALIKAN /
FEEDBACK
>>Pembahasan
I.
Komunikator
Pengirim pesan
atau sumber dalam komunikasi dapat berupa individu atau organisasi yang
memiliki informasi untuk dibagikan dengan orang atau kelompok lain. Harus
diperhatikan bahwa sumber dapat merupakan orang-perorangan (seperti sales atau
pembawa acara perorangan) atau juga dapat merupakan pihak yang bukan merupakan
perorangan seperti korporasi atau organisasi. Persepsi penerima terhadap sumber
mempengaruhi kondisi penerimaan pesan dalam proses komunikasi, interpretasinya,
dan respons yang diberikan untuk pesan itu.
Encoding merupakan
proses di mana kita meletakkan pemikiran, ide dan informasi secara bersama-sama
dalam satu bentuk simbolik untuk mengkomunikasikan satu pesan. Tujuan pengirim
pesan adalah untuk mengkode pesan dalam bentuk tertentu sehingga dapat menjamin
bahwa pesan tersebut dapat dimengerti oleh penerima pesan.
II.
Pesan
Proses encoding
menimbulkan pengembangan pesan yang berisikan informasi atau pesan yang diharapkan
dapat disampaikan oleh sumber atau pengirim pesan. Pesan-pesan dapat diberikan
dalam berbagai bentuk dan bisa juga dalam bentuk simbol atau tanda. Untuk dapat
mengerti dengan lebih baik mengenai arti dari simbol yang dipergunakan dalam
komunikasi, banyak pengiklan mulai untuk memberi perhatian pada semiotik (semiotics),
yang merupakan studi mengenai arti. Dari sisi semiotik, setiap pesan pemasaran
mempunyai tiga komponen dasar, yaitu : satu obyek, satu tanda atau simbol, dan
sebuah interpretasi (interpretant).
III.
Perantara
Saluran/perantara
merupakan metoda atau media di mana pesan komunikasi dapat mengalir dari sumber
atau pengirim ke pada penerima. Dalam cakupan yang lebih luas, saluran
komunikasi mencakup dua bentuk, yaitu :
• Saluran Pribadi (Personal
Channels) yang melibatkan kontak interpersonal langsung dengan individu
atau kelompok yang menjadi target. Sebagai contoh, seorang sales berperan
sebagai saluran pribadi pada saat menyampaikan sebuah presentasi penjualan.
• Saluran
Non-pribadi (Nonpersonal channels) merupakan saluran-saluran yang
membawa pesan tanpa melibatkan kontak perorangan antara pengirim dan penerima
pesan. Saluran ini sering dirujuk kepada media masa sebagai pengirim
pesan di mana mereka mengirim pesan kepada banyak individu dalam satu waktu
secara bersamaan. Dua kategori utama dari saluran non-pribadi adalah media
cetak dan media penyiaran.
IV.
Penerima
Penerima adalah
orang atau sekelompok orang dengan mana pengirim pesan berbagi pemikiran atauinformasi.
Penerima seringkali dipandang sebagai konsumen bagi target audiens yang
ditargetkan oleh perusahaan pemasaran dan program-program promosi. Decoding merupakan
proses mentransformasi (merubah) dan menginterpretasi pesan-pesan pengirim
menjadi pendapat penerima dan sangat dipengaruhi oleh kerangka berpikir atau
keluasan pengalaman penerima. Komunikasi yang efektif akan dapat dicapai jika
suasana setara atau berbagai arti atau pengertian dapat dihadirkan atau telah
dibangun sebelumnya antara pengirim dan penerima pesan.
V.
Balikan / Feedback
Umpan-balik
(feedback) merupakan bagian dari tanggapan penerima pesan yang
dikomunikasi kembali kepada pengirim pesan dan dapat berupa beragam bentuk.
Umpan-balik memberikan pengirim pesan cara untuk memonitor bagaimana pesan saat
di-decoding dan diterima oleh audiens yang menjadi target.
>>Kesimpulan
Disadari banyak masalah-masalah
komunikasi yang dapat ditemukan, dan kita bisa melihat contoh-contoh yang kita
hadapi langsung dari kehidupan kita sehari-hari sebagai bahan untuk
didiskusikan. Agar proses komunikasi
dapat terjadi maka harus ada kesamaan berpikir atau landasan antara dua pihak
dan proses pengiriman informasi.
Sumber
:
http://www.scribd.com/doc/86179003/organisasi
http://elearning.gunadarma.ac.id/docmodul/company_profile/2.%20Komunikasi%20-%20Umum.pdf
Tidak ada komentar:
Posting Komentar