Sabtu, 21 April 2012

PROSES PENGAMBILAN KEPUTUSAN


>>Pendahuluan

I.                   Latar Belakang Masalah

Pengambilan keputusan merupakan proses fundamental didalam organisasi, para manajer mengambil keputusan berdasarkan informasi/komunikasi yang diterima.
Klasifikasi Keputusan :
1.      Keputusan yang diprogram
2.      Keputusan yang tidak diprogram

Pengambilan keputusan tidak boleh dianggap sebagai tujuan, melainkan sebagai cara untuk mencapai tujuan dan sasaran organisasi.

Pengambilan keputusan harus dipandang sebagai proses bertahap banyak atas dasar mana piilhan aktualnya hanya satu tahap.

Faktor yang mempengaruhi pemgambilan keputusan :
·         Faktor  lingkungan
·         Faktor perilaku


II.                Rumusan Masalah

·         Keputusan yang diprogram
·         Keputusan yang tidak diprogram


>>Pembahasan

I.                   Keputusan Yang Diprogram

keputusan yang diprogram merupakan keputusan yang bersifat rutin dan dilakukan secara berulang-ulang sehingga dapat dikembangkan suatu prosedur tertentu. Keputusan yang diprogram terjadi jika permasalahan terstruktur dengan baik dan orang-orang tahu bagaimana mencapainya. Permasalahan ini umumnya agak sederhana dan solusinya relatif mudah. Di perguruan tinggi keputusan yang diprogram misalnya keputusan tentang pembimbingan KRS, penyelenggaraan Ujian Akhir Semester, pelaksanaan wisuda, dan lain sebagainya.


II.                Keputusan Yang Tidak Diprogram

keputusan yang tidak diprogram adalah keputusan baru, tidak terstrutur dan tidak dapat diperkirakan sebelumnya. Tidak dapat dikembangkan prosedur tertentu untuk menangani suatu masalah, apakah karena permasalahannya belum pernah terjadi atau karena permasalahannya sangat kompleks dan penting.


>>Kesimpulan

     Dari tulisan diatas dapat disimpulkan bahwa dalam pengambilan keputusan terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi seperti faktor lingkungan dan perilaku. Pengambilan keputusan juga tidak boleh dianggap sebagai tujuan, melainkan sebagai cara untuk mencapai tujuan dan sasaran organisasi.

Sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar